PERBEDAAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 5 MEDAN T.A 2019/2020

SYAFII, AHMAD (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 5 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5143122003 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5143122003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5143122003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5143122003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5143122003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5143122003 TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5143122003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5143122003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5143122003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5143122003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5143122003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan model pembelajaran project based learning dan Discovery learning terhadap hasil belajar teknologi dasar otomotif pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 5 Medan T.A 2019/2020. Penelitan ini menggunakan metode posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 5 Medan dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif berupa pilihan ganda 28 soal dengan 5 alternatif pilihan, untuk mengukur hasil belajar psikomotorik pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif berupa observasi. Teknik analisis data melalui uji normalitas dengan menggunakan Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan Fischer. Analisis data tersebut dilanjutkan dengan uji t. Dengan kriteria hipotesis diterima apabila menunjukkan thitung> ttabel pada = 0,05. Berdasarkan penelitian data posttes pada ranah kognitif thitung = 2,148 sedangkan nilai ttabel = 2,001 sehingga dapat disimpulkan thitung > ttabel, maka dengan ini Ho ditolak. Data posttes pada ranah psikomotorik thitung = 2,37 sedangkan nilai ttabel = 2,001 sehingga dapat disimpulkan thitung > ttabel, maka dengan ini Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang lebih tingggi dan signifikan menggunakan model pembelajaran project based learning dibandingkan menggunakan model pembelajaran Discovery learning terhadap hasil belajar teknologi dasar otomtoif di SMK Negeri 5 Medan T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Lisyantonidn0006076603
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 OTM 044
Keywords: model pembelajaran; project based learning; discovery learning; hasil belajar; teknologi dasar otomotif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37081

Actions (login required)

View Item View Item