Pengembangan Media Komik Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMK Negeri 4 Medan Tahun 2018/2019.

YUHA LUBIS, MUHAMMAD RIDWAN (2019) Pengembangan Media Komik Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMK Negeri 4 Medan Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3143121023 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3143121023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3143121023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3143121023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3143121023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3143121023 TABLES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3143121023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3143121023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3143121023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3143121023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3143121023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui cara mengembangkan media komik dalam pembelajaran sejarah, (2) Mengetahui kelayakan penggunaan media komik dalam pembalajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penulisan pengembangan (Research and Development). Berdasarkan hasil penulisan dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan media komik mengacu pada tahap pengembangan Borg dan Gall dan dick and Carey. Hasil dari penelitian pengembangan ini ialah pengembangan media komik dalam pembelajaran sejarah. Berdasarkan data yang di peroleh dari validasi ahli media, validasi ahli materi, dan uji lapangan. Adapun hasil dari uji kelayakan media tersebut ialah penilaian ahli media sebesar 80% yang termasuk dalam katergori “ Valid” dan penilaian ahli materi sebesar 80 % yang termasuk dalam kriteria “Valid”. Sementara penilaian siswa dalam tahap uji one to one, uji Kelas kecil, dan uji kelas besar masing-masing 81,7%; 83%; dan 83,7%. Nilai 81,7% dalam uji One to one termasuk dalam kriteria “Valid”, nilai 83% dalam uji Kelas Kecil termasuk dalam kriteria “Valid”, dan nilai 83,7 % dalam uji Kelas Besar termasuk dalam kriteria valid. Dengan demikian, pengembangan media komik dalam pembelajaran sejarah layak di gunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDiansyah, Arfannidn0008098702
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 SJRH 152
Keywords: PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK, PEMBELAJARAN SEJARAH
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37062

Actions (login required)

View Item View Item