PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KELISTRIKAN OTOMOTIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 5 MEDAN T.A 2019/2020

MUNIR, ABDUL (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KELISTRIKAN OTOMOTIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 5 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5143122001 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5143122001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5143122001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5143122001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5143122001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5143122001 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5143122001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5143122001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5143122001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5143122001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5143122001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar kelistrikan otomotif yang mencapai KKM (≥75) masih memungkinkan untuk ditingkatkan, jika guru mengubah model pembelajaran yang selama ini masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan hasil belajar kelistrikan otomotif yang diajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran discovery learning, dimana kedua model tersebut merupakan model pembelajaran yang dianjurkan pada kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan dua kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Kedua kelas diberikan perlakuan berbeda dengan materi yang sama yaitu kelistrikan bodi. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan tes yang terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen meliputi uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran tes dan daya beda tes. Selanjutnya analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kelistrikan otomotif menggunakan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning pada siswa kelas XI TKR SMK Negeri 5 Medan tahun ajaran 2019/2020 dengan diperoleh nilai hasil belajar teori thitung > ttabel yaitu 2,649 > 2,001 dan nilai hasil belajar praktek thitung > ttabel yaitu 2,075 > 2,001. Selanjutnya, nilai rata-rata kelas yang menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada kelas dengan model pembelajaran discovery learning, yaitu dengan nilai rata-rata masing-masing kelas pada hasil belajar teori adalah 81,13 dan 75,57 dan pada hasil belajar praktek adalah 86,167 dan 81,13. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning lebih unggul daripada model pembelajaran discovery learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRiadi, SelamatNIDN0004106505
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 OTM 045
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR, KELISTRIKAN OTOMOTIF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37032

Actions (login required)

View Item View Item