EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) TERHADAP KEMAMPUAN MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMK SWASTA ERIA MEDAN

SINAGA, OSINTY FEBRIANI (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) TERHADAP KEMAMPUAN MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMK SWASTA ERIA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2153111030 COVER.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2153111030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2153111030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2153111030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2153111030TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2153111030 CHART.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2153111030 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2153111030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 2153111030 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2153111030CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 2153111030 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SETS(Science, Environment, Technology, Society) terhadap kemampuan mengonstruksi teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Swasta Eria Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa kelas X SMK Swasta Eria Medan . Sampel dalam penelitian ini adalah 62 orang siswa yang merupakan keseluruhan jumlah populasi, diambil dari teknik random sampling (acak kelas). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol dengan model pembelajaran ceramah = 61,29, standar deviasi = 8,20, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model pembelajaran SETS = 77,58, standar deviasi = 9,05, Berdasarkan uji normalitas, hasil post-test kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas post-test dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji homogenitas dan uji normalitas dilakukan, maka diketahui t0= 9,20 Setelah t0 diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1. df = 31-1 = 30, maka diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,04. Setelah dikonsultasikan, ternyata t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 9,20>2,04. Dengan demikian, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society) efektif digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Eria Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, Malannidn0018076705
Thesis advisorSolin, Mutsyuhitonidn0006105807
Call Number: SK-2019 IND 200
Keywords: MODEL, MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI, SETS
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36796

Actions (login required)

View Item View Item