UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

GULTOM, TIGOR P (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6133311058 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6133311058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6133311058 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6133311058 PREFACE.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6133311058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6133311058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6133311058 TABLES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6133311058 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 6133311058 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6133311058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Dribbling dalam sepak bola melalui Variasi pembelajaran dan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan dengan jumlah siswa 30 orang, terdiri dari 18 orang siswa putra dan 12 orang siswa putri. Berdasarkan hasil observasi kemampuan guru dalam kegiatan Pembelajaran dribbling dalam sepak bola melalui Variasi pembelajaran dan, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (77,5%). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (96,25%)Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dribbling dalam sepak bola melalui Variasi pembelajaran, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (72,5 %). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi lebih baik (92,5%).Kemudian untuk memperoleh hasil belajar keterampilan dribbling dalam sepak bola maka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan portofolio yang telah disusun.diketahui bahwa hasil tes awal, dari 30 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 8 orang siswa (26,6%) yang sudah mencapai ketuntasan belajar dalam dribbling dalam sepak bola sedangkan selebihnya yaitu 22 orang siswa (73,4%) belum mencapai ketuntasan belajar dalam melakukan dribbling dalam sepak bola . Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 64,82 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus I, dari 30 orang siswa telah ada 15 orang siswa (50 %) yang sudah mencapai ketuntasan belajar, selebihnya 15 orang siswa (50 %) yang belum mencapai ketuntasan belajar. Nilai ratarata kelas yang diperoleh mencapai 74,81 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus II, dari 30 orang siswa, ternyata sudah 26 orang siswa (86,6 %) yang sudah mencapai ketuntasan belajar, hanya 4 orang siswa (13,4%) yang belum mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang yang diperoleh telah mencapai 81,03. Hasil penilaian data diperoleh kesimpulan bahwa melalui Variasi Pembelajaran dapat memperbaiki hasil belajar Dribbling dalam sepak bola pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Suprayitnonidn0021077704
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 PJKR 173
Keywords: Variasi Pempelajaran Dapat Memperbaiki Hasil Belajar Dribbling Dalam Sepak Bola
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36755

Actions (login required)

View Item View Item