PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK AL - IHSAN MEDAN PETISAH T. A 2019 / 2020

UTAMI, ARFANI (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK AL - IHSAN MEDAN PETISAH T. A 2019 / 2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
01 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - PREFACE.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - TABLES.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - APPENDICES.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap perkembangan kognitif anak usia 5 – 6 tahun di TK Al – Ihsan Medan Petisah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 20 orang anak dan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan kelas B2. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel kelas B1 sebanyak 10 anak dan kelas B2 sebanyak 10 anak. Variabel bebas adalah kegiatan media flashcard sedangkan variabel terikat adalah perkembangan kognitif. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji U Mann-Whitney. Dan observasi dilakukan pengobservasi dengan pedoman observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 13 dengan kategori (baik sekali ) dengan nilai tertinggi 14 dan nilai terendah 11, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 9,1dengan kategori (cukup baik) dengan nilai tertinggi 11 dan nilai terendah 6. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perkembangan Kognitif anak yang dibelajarkan dengan menggunakan media flashcard dengan memperoleh Uhitung <Utabel, yaitu 0,5 < 19 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian kegiatan media flashcard berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK AL – IHSAN Medan Petisah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Jaspernidn0015105701
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 PAUD 077
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199 Games and amusements > GV1203 Children's games and amusements
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36723

Actions (login required)

View Item View Item