PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SUBTEMA KEINDAHAN ALAM NEGERIKU DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 094151 SIPANGANBOLON T.P 2019

Sirait, Magdalena (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SUBTEMA KEINDAHAN ALAM NEGERIKU DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 094151 SIPANGANBOLON T.P 2019. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8176182028 COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8176182028 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8176182028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8176182028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8176182028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8176182028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8176182028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8176182028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8176182028 BAB I.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8176182028 BAB V.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8176182028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menghasilkan bahan ajar tematik berbasis pendekatan saintifik subtema keindahan alam negeriku dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model ADDIE. Proses pengembangan bahan ajar tematik berbasis pendekatan dilakukan dengan 5 tahapan yaitu Analysis Design, Development, Implementation, dan Evaluation, Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan oleh ahli materi memperoleh rata-rata 91,6 %, Penilaian kelayakan oleh ahli bahasa memperoleh rata-rata 93,7 %, Penilaian kelayakan oleh ahli desain memperoleh rata-rata 90,8%. Uji coba individu dengan rata-rata 86,1% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 91,2% dengan kategori sangat baik, dan uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 89% dengan kategori sangat baik. Hasil obervasi aktivitas siswa mengamati dengan rata-rata 86,2%, Hasil obervasi aktivitas siswa menanya dengan rata-rata 85,3%, Hasil obervasi aktivitas siswa mencoba dengan rata-rata 85,2%, Hasil obervasi aktivitas siswa mengasosiasi/menalar dengan rata-rata 87,3%, Hasil obervasi aktivitas siswa mengkomunikasikan dengan rata-rata 83,5 %. Skor rata-rata pada pretest 72,8 dan pada posttest 80,6. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar tematik berbasis pendekatan saintifik pada subtema keindahan alam negeriku layak, mudah, dan efektif untuk digunakan pada siswa kelas siswa kelas IV. Penelitian ini berimpilkasi dalam penggunaan bahan ajar tematik berbasis pendekatan saintifik subtema keindahan alam negeriku dapat meningkatkan aktivitas dan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAnsari, Khairil196309101988031002
Thesis advisorSimbolon, Naeklan19570251982032001
Call Number: 372.2 Sir p
Keywords: Bahan Ajar, Tematik, Saintifik,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Nov 2019 02:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36681

Actions (login required)

View Item View Item