PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI RAKYAT DENGAN TEKNIK COPY THE MASTER UNTUK SISWA KELAS VII SMP N 1 RANTAU SELATAN DI KABUPATEN LABUHANBATU

Matanari, tetty (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI RAKYAT DENGAN TEKNIK COPY THE MASTER UNTUK SISWA KELAS VII SMP N 1 RANTAU SELATAN DI KABUPATEN LABUHANBATU. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156192026 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156192026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156192026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156192026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156192026 TABLES.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156192026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156192026 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156192026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156192026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156192026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan siswa terhadap materi puisi rakyat belum terpenuhi sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dan implementasi guru belum ada untuk memanfaatkan bahan ajar sebagai media pembelajaran sehingga pembelajaran tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian kebutuhan dalam menggunakan bahan ajar puisi rakyat untuk siswa kelas VII SMP N 1 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu; menganalisis peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar puisi rakyat dengan teknik copy the master, dan keefektifan. Penelitian ini merujuk pada model pengembangan ahli Borg and Gall yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, dan diseminasi produk akhir. Kelayakan bahan ajar disimpulkan berdasarkan validasi ahli materi, ahli desain, repon guru, respon siswa, dan keefektifan bahan ajar disimpulkan berdasarkan hasil pretes dan postes. Persentase skor penilaian dari ahli materi mencapai 91,46%, persentase skor penilaian dari ahli desain mencapai 90,44%. Persentase skor penilaian dari masing-masing ahli berada pada kriteria sangat baik. Persentase skor penilaian berdasarkan respon siswa dan respon guru disimpulkan persentase skor penilaian dari uji perorangan mencapai 79,16%, uji kelompok kecil mencapai 86,25%, uji coba lapangan terbatas mencapai 91,27%, dan persentase skor penilaian berdasarkan respon guru mencapai 90,63% berada pada kriteria sangat baik. Keefektifan bahan ajar disimpulkan berdasarkan hasil pretes dan postes. Persentase skor hasil belajar siswa pada pretes mencapai 60,94% dengan kriteria tidak baik dan setelah dilakukan postes hasil persentase belajar siswa mencapai 82,50% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDaulay, Syahnan19580311986011002
Thesis advisorLubis, Malan196707181993101001
Call Number: 811 Mat p
Keywords: bahan ajar, puisi rakyat, teknik copy the master.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Nov 2019 07:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36668

Actions (login required)

View Item View Item