ANALISIS KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN TEKS CERITA SEDERHANA BERDASARKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA TUNAGRAHITA KELAS VIII SLB-E NEGERI PEMBINA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

RAHMA, SITI (2019) ANALISIS KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN TEKS CERITA SEDERHANA BERDASARKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA TUNAGRAHITA KELAS VIII SLB-E NEGERI PEMBINA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2153111041 COVER.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2153111041 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2153111041 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2153111041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2153111041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2153111041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2153111041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2153111041 BAB I.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2153111041 BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2153111041 DAFTAR PUSAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan memahami isi bacaan teks cerita sederhana berdasarkan penguasaan kosakata siswa tunagrahita kelas VIII SLB-E Negeri Pembina Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII-C SLB-E Negeri Pembina Medan yang berjumlah 15 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-1.C dan VIII-2.C sebanyak 15 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal atau latihan tentang teks narasi sederhana dengan penguasaan kosakata. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan memahami isi bacaan teks narasi sederhana dengan penguasaan kosakata siswa tunagrahita kelas VIII SLB-E Negeri Pembina Medan memiliki rata-rata 73,66. Apabila nilai rata-rata ini dimasukkan ke dalam klasifikasi nilai penguasaan kosakata, nilai rata-rata tersebut termasuk kategori cukup. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami isi bacaan teks cerita sederhana berdasarkan penguasaan kosakata pada siswa kelas VIII SLB-E Negeri Pembina Medan dengan skor rata-rata 73,66 dikategorikan cukup. 73 % diantaranya sudah dan cukup mampu dalam memahami isi bacaan teks cerita sederhana yang dibagikan melalui tes penguasaan kosakata, sedangkan 26 % siswa masih belum bisa memahami isi bacaan teks cerita sederhana dengan penguasaan kosakata yang dibagikan secara baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJoharis, Mohammadnidn0012026211
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 IND 173
Keywords: tunagrahita, isi bacaan, kosakata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 13 Nov 2019 16:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36625

Actions (login required)

View Item View Item