PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA BAHASA INGGRIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PEUREULAK, ACEH TIMUR

Nurli, - (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA BAHASA INGGRIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PEUREULAK, ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
809122041 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809122041 Abstrak.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809122041 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809122041 Bab I.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809122041 Bab V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809122041 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian quasi eksperimen ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa membaca dalam bahasa Inggris yang diajar dengan strategi pembelajaran Simulasi Sosial lebih tinggi daripada hasil siswa yang diajar dengan dengan strategi pembelajaran Ekspositori, (2) hasil belajar membaca siswa dalam bahasa Inggris dengan motivasi belajar tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar membaca siswa dalam bahasa Inggris siswa dengan motivasi belajar rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar membaca siswa bahasa Inggris.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Peureulak Aceh Timur terdiri dari 6 kelas dengan jumlah sebanyak 204 siswa. Berdasarkan teknik Cluster Random sampling, satu kelas sebagai kelas pembelajaran Simulasi Sosial dan satu kelas pembelajaran Ekspositori. Instrumen penelitian adalah tes dan kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar dan untuk mengetahui karakter motivasi belajar siswa. Uji normalitas data hasil belajar adalah uji Liliefors dan tes homogenitas adalah uji Fisher dan uji Bartlett. Teknik analisis adalah Anava dua jalur pada signifikansi  = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Simulasi Sosial = 28,14 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori = 27,10, dengan Fhitung = 113,96 > Ftabel = 3,984, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi = 29,61 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah = 25,93, dengan Fhitung = 7,66 > Ftabel = 3,984, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Inggris dengan Fhitung = 35,48 > Ftabel = 3,984. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa dengan karakteristik motivasi belajar tinggi maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran Simulasi Sosial dan siswa dengan karakteristik motivasi belajar rendah maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran Ekspositori. Implikasinya adalah para guru bahasa Inggris harus dilatih untuk menggunakan beberapa strategi pembelajaran dalam mengajar membaca sehingga kriteria ketuntasan minimal (KKM) dapat dicapai. Dengan demikian dalam penggunaan strategi-strategi pembelajaran dan pemahaman karakteristik motivasi belajar, para guru bahasa Inggris diharapkan dapat mengajar membaca dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKariman, Tina Mariany194403021969022001
UNSPECIFIEDPanjaitan, Binsar195708011980031001
Call Number: 373.238 Nur p
Keywords: Hasil belajar; Membaca; Bahasa Inggris; Simulasi sosial; Ekspositori; Strategi pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3657

Actions (login required)

View Item View Item