ANALISIS PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENGHAPAL AL-QURAN PADA ANAK USIA DINI DI PAUD BAIT QURANY SALEH RAHMANY KOTA BANDA ACEH

, Dahliani (2019) ANALISIS PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENGHAPAL AL-QURAN PADA ANAK USIA DINI DI PAUD BAIT QURANY SALEH RAHMANY KOTA BANDA ACEH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176181003 COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176181003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176181003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176181003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176181003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176181003 TABLES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176181003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176181003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8176181003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176181003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8176181003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini, (2) Menelaah pelaksanaan pembelajaran menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini, (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan (4) mendeskripsikan faktor penghambat menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini di Paud Bait Qurany Saleh Rahmany.Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah : wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaksi Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak yaitu kemampuan minat alamiah yang dilatih berulang-ulang secara optimal hingga menjadi sebuah prestasi, (2) pelaksanaan pembelajaran menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini dilakukan dengan menggunakan metode talqin,teknik menghafal dengan rumus jarimatika, dengan pola visual,audio, dan kinestetik, (3) faktor pendukung dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an yaitu dukungan orang tua, minat dan bakat, media, serta fasilitas sekolah yang memadai, (4) faktor penghambat dalam pembelajaran menghafal yaitu faktor intern anak dan faktor ekstern anak.Hasil penelitian dianjurkan dapat diterapkan di semua Paud berbasis tahfiz qur’an dengan mengkolaborasi kurikulum nasional dan kurikulum khas sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYus, AnitaNIDN0021075903
Thesis advisorSitorus, MasgantiUNSPECIFIED
Keywords: kemampuan, menghafal, anak usia dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP173.25 Islamic sociology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36328

Actions (login required)

View Item View Item