ANALISIS BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII MTS. SWASTA NURUL IMAN TANJUNG MORAWA TA. 2018/2019

TRIANA, RIZKY (2019) ANALISIS BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII MTS. SWASTA NURUL IMAN TANJUNG MORAWA TA. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 4152111032 COVER.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
2. NIM. 4152111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text
3. NIM. 4152111032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
4. NIM. 4152111032 PREACE.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text
5. NIM. 4152111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text
6. NIM. 4152111032 TABLE.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text
7. NIM. 4152111032 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text
8. NIM. 4152111032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text
9. NIM. 4152111032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (626kB)
[img] Text
13. NIM. 4152111032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text
14. NIM. 4152111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (364kB)

Abstract

Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah kemampuan cara berpikir yang lebih tinggi tidak sekedar menghafal namun ia bisa menghubungkan, memanipulasi, dan mentransformasi pengetahuannya dalam menentukan keputusan dan memecahkan masalah pada situasi baru. Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk, atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenali pembuatnya. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi bangun ruang sisi datar 2) untuk mengetahui penyebab HOTS siswa rendah. Indikator berpikir kreatif yang digunakan yaitu kefasihan (fluency), keluwesan (flexibility), dan kebaruan (novelty). Penelitian ini dilakukan kepada 35 anak di sekolah MTs. Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Intrumen yang digunakan yakni tes dan non tes. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kriteria kreatif ada sebanyak 2 siswa dengan persentasenya yakni 5,71%, Kriteria cukup kreatif ada sebanyak 2 siswa dengan persentasenya 5,71%, dan Kriteria kurang kreatif ada sebanyak 31 siswa dengan persentasenya 88,58%. Adapun penyebab rendahnya HOTS siswa yaitu: 1) Pola pikir siswa yang tidak kompleks, 2) Dalam menyelesaikan persoalan masih bersifat algoritmik, 3) menggunakan cara yang sama dengan contoh yang diberikan serta hanya membuat satu solusi dari persoalan, 4) rendahnya pemahaman dalam memecahkan suatu masalah, 5) tidak mengungkapkan pendapat serta keputusan untuk membuat kesimpulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorFauzi, Muhammad Aminnidn0029066404
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 MAT 151
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36315

Actions (login required)

View Item View Item