Rebekawati, Anita (2019) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SDS GRACIA SUSTAIN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156181037 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2. NIM 8156181037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
3. NIM 8156181037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
4. NIM 8156181037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. NIM 8156181037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6. NIM 8156181037 TABLES.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
7. NIM 8156181037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 8156181037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM 8156181037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
13. NIM 8156181037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM 8156181037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh pendekatan matematika
realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2)
pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa, (3) interaksi antara pendekatan pembelajaran dan self-efficacy terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V-A, V-B
dan V-C Sekolah Dasar Swasta Gracia Sustain dan sebagai sampel dalam
penelitian ini adalah kelas V-A untuk kelas kontrol sebanyak 30 siswa yang
diajarkan dengan menggunakan pendekatan konvensional dan untuk kelas
eksperimen kelas V-B sebanyak 30 siswa yang diajarkan dengan menggunakan
pendekatan matematika realistik. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes
kemampuan pemecahan masalah matematika yang digunakan dalam penelitian ini
berbentuk essay test, (2) lembar angket self-efficacy. Instrumen tersebut telah
memenuhi syarat validitas serta koefisien reliabilitas. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pendekatan matematika realisttik
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini ditunjukkan
oleh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan
pendekatan matematika realistik memperoleh nilai rata-rata 78,37 sedangkan hasil
belajar siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional memperoleh nilai ratarata 67,70, (2) berdasarkan hasil perhitungan data dapat diketahui bahwa
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memiliki self-efficacy
tinggi memperoleh nilai rata-rata 79,38 sedangkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa yang memiliki self-efficacy rendah memperoleh nilai
64,18 dan (3) hasil pengujian hipotesis diperoleh tidak terdapat interaksi antara
pendekatan matematika realistik dan self-efficacy siswa terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.5 Reb p |
Keywords: | matematika realistik, konvensional, pemecahan masalah matematika, dan self-efficacy. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 01:59 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36153 |