PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KISARAN

Hafni, Nur Fadilah (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KISARAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136121020 Cover.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136121020 Pengesahan.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136121020 Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136121020 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136121020 Daftra Isi.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136121020 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136121020 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136121020 Daftra Lampiran.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136121020 BAB I.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136121020 BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136121020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang selama ini diterapkan di SMP khususnya pada pembelajaran IPS masih menggunakan teacher center learning, siswa mengganggap IPS merupakan mata pelajaran yang membosankan, dan hasil belajar IPS dinilai masih rendah dan kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD; (2) Perbedaan Hasil belajar IPS siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak dan siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial kongkrit; (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD; (2) hasil belajar IPS siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial kongkrit; (3) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan gaya berpikir siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPS. Dari hasil análisis data disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak dan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial kongkrit.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiagian, Sahat196101041987031017
Thesis advisorSaragih, Abdulrahman196011251986011002
Call Number: 371.3 Haf p
Keywords: Strategi Pembelajaran, Gaya Berpikir, Hasil Belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36095

Actions (login required)

View Item View Item