EVALUASI PROGRAM DIKLAT BERJENJANG DALAM RANGKA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAUD DI KOTA MEDAN

Christy, Rehmenda (2019) EVALUASI PROGRAM DIKLAT BERJENJANG DALAM RANGKA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAUD DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166182041 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166182041 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166182041 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166182041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166182041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166182041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166182041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166182041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166182041 BAB I.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166182041 BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166182041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksananaan diklat berjenjang tingkat dasar yang dilakukan oleh HIMPAUDI Kota Medan pada tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif (evaluation research) dengan pendekatan kuantitatif-deskriptif. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, and Product) yang dikemukakan oleh Stufllebeam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pre test tertinggi sebesar 80,00 berada pada materi diklat tentang konsep dasar anak usia dini, nilai terendah berada sebesar 41,33 berada pada materi perencanaan pembelajaran, sedangkan nilai rata-rata sebesar 54,93. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel sebesar 2,045, maka untuk mengetahui signifikansi perbedaan nilai pre test dan post test, maka nilai thitung dibandingkan dengan nilai ttabel pada derajat kebebasan (N-1). Hasil perhitungan diperoleh thitung = sedangkan ttabel = 2,045, dengan membandingkan kedua nilai ini diperoleh thitung = > ttabel = 2,045 dengan demikian H0 ditolak dan menerima Ha. Penerimaan H a memberikan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre test dan post test diklat berjenjang tingkat dasar bagi guru PAUD se kota Medan. Berdasarkan temuan penelitian, seluruh indikator keefektifan reaksi peserta pelatihan berada di atas 80%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa semua aspek mendapat reaksi positif dari peserta pelatihan. Rata-rata nilai peserta diklat sebelum diklat dilaksanakan sebesar 54,93 dan nilai peserta setelah diklat dilaksanakan sebesar 80,87. Nilai ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta diklat yang signifikan. Pada saat sebelum pelaksanaan diklat seluruh peserta (100%) memiliki nilai di bawah KKM, sementara itu setelah pelaksanaan diklat, peserta diklat yang memenuhi KKM sebanyak 26 orang atau sebesar 86,67% sedangkan peserta diklat yang tidak memenuhi KKM sebanyak 4 orang atau sebesar 13,33Selanjutnya disarankan agar diklat berjenjang ini dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD khususnya pada materi ajar perencanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, cara belajar anak usia dini dan komunikasi dalam pengasuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYus, Anita1959807211986012001
Thesis advisorSimbolon, Naeklan195704251982032001
Keywords: Evaluasi Program, Diklat Berjenjang, Kompetensi Guru PAUD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
L Education > LT Textbooks
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36077

Actions (login required)

View Item View Item