PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TINGGIRAJA

Hardianti, Vivi (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TINGGIRAJA. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156192029 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156192029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156192029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156192029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156192029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156192029 TABLES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156192029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156192029 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 8156192029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156192029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 8156192029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya menanamkan pendidikan karakter dalam pembelajaran dan penggunaan bahan ajar interaktif yang masih jarang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kelayakan bahan ajar interaktif bermuatan pendidikan karakter, (2) efektivitas siswa dengan menggunakan bahan ajar interaktif bermuatan pendidikan karakter, (3) hasil pengembangan bahan ajar interaktif bermuatan pendidikan karakter pada pembelajaran cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tinggiraja. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE dengan tujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk media yang dapat digunakan sebagai pendamping pada pembelajaran cerita fabel di SMP Negeri 1 Tinggiraja. Bahan ajar ini akan diuji cobakan dari ahli materi, ahli desain, ahli media, guru bahasa Indonesia, dan siswa SMP Negeri Tinggiraja yang terdiri pada uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji kelompok lapangan terbatas. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. (1) hasil penilaian validasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 91,15% dengan kriteria sangat baik, (2) hasil penilaian validasi ahli desain memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,72% dengan kriteria sangat baik, dan (3) hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,73% dengan kriteria sangat baik. (4) hasil uji coba perorangan memperoleh persentase nilai sebesar 81,25% dengan kriteria baik, (5) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase nilai sebesar 90,83% dengan kriteria sangat baik, dan (6) hasil uji coba lapangan terbatas memperoleh persentase nilai sebesar 91,42% dengan kriteria sangat baik. (7) hasil belajar siswa sebelum menggunakan bahan ajar dengan rata-rata 70,28% dan hasil belajar sesudah menggunakan bahan ajar dengan rata-rata 84,07% dengan kriteria sangat baik. Implikasi pada penelitian ini adalah bahan ajar interaktif ini dapat digunaakan sebagai pendamping untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran cerita fabel, dan dapat menjadi sumbangan yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran disekolah yang akan berdampak pada perolehan hasil belajar yang tinggi dan keefektifan dalam pembelajaran cerita fabel. Dengan demikian, bahan ajar interaktif bermuatan pendidikan karakter ini efektif digunakan dalam pembelajaran fabel.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAdisaputera, Abdulrahman19710011994031001
Thesis advisorGafari, M.Oky Fardian1971152005011002
Call Number: 899.222 Har e
Keywords: bahan ajar, interaktif, fabel, pendidikan parakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
P Language and Literature > PR English literature > PR500 Poetry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36066

Actions (login required)

View Item View Item