PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA SMK NEGERI 1 BATANG TORU

damayanti, Riska (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA SMK NEGERI 1 BATANG TORU. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176191012 COVER.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176191012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176191012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176191012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176191012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176191012 TABLES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176191012 APPENDICE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176191012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8176191012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176191012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan modul pembelajaran teks anekdot berbasis multimedia interaktif oleh siswa SMK Negeri 1 Batang Toru. Modul yang dikembangkan yaitu berbentuk modul digital. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan 4-D. Dengan Subjek uji coba terdiri dari ahli desain, ahli materi, guru bahasa Indonesia, dan Siswa kelas X SMK negeri 1 Batang Toru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validasi dari ahli materi meliputi kelayakan isi sebesar 88,0% kategori baik, pelayakan penyajian modul pembelajaran 93,7% kategori Sangat baik, aspek Mutimedia Interaktif 95,8% kategori sangat baik, aspek penilaian bahasa 92,5% kategori sangat Baik, dan aspek project based learning 83,3 % kategori Baik (2) validasi ahli desain meliputi desain awal 89,2% dengan kategori baik, desain isi 83,9% kategori baik, tipografi modul digital 83,3 kategi baik, dan ilustrasi 87,5% kategori baik. (3) uji coba terbatas memperoleh skor 82,79% dengan kriteria baik (4) Uji coba diperluas memperoleh skor 80,04% kategori baik. Hasil belajar memproduksi teks anekdot sebelum menggunakan modul digital dengan model project based learning memperoleh 67,9 sedangkan hasil belajar memproduksi teks anekdot menggunakan modul digital dengan model project based learning memperoleh 80,2. Selisih yang diperoleh 12 dari sebelum dan sesudah menggunakan modul digital dengan penerapan project based learning. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu modul yang dikembangkan akan memberi sumbangan praktis terutama dalam pelaksaan proses pembelajaran bagi guru sebagai bahan ajar tambahan untuk memberi kemudahan pada materi yang sedang diajarkan dapat mandiri maupun klasikal. Selanjutnya bagi siswa dapat meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dalam kegiatan menulis teks anekdot dengan kandungan media pembelajaran di dalamnya dengan model project based learning. Berkaitan dengan penanaman bekerja sama dan saling memotivasi untuk menyelesaikan sebuah teks anekdot.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGafari, M.Oky Fardian197910012005011001
Thesis advisorDaulay, Syahnan195808311986011002
Call Number: 817 dam p
Keywords: modul digital, teks anekdot, model project based learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99.5 Nonverbal communication
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36064

Actions (login required)

View Item View Item