PENGEMBAGAN MATERI PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI BERBASIS LITERASI KELAS VIII SMP KRISTEN KALAM KUDUS MEDAN

Perangin-angin, Esra (2019) PENGEMBAGAN MATERI PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI BERBASIS LITERASI KELAS VIII SMP KRISTEN KALAM KUDUS MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156191005 COVER.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156191005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156191005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156191005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156191005 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156191005 TABELS.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156191005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156191005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156191005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156191005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156191005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (731kB) | Preview

Abstract

Materi pembelajaran untuk kompetensi dasar menulis teks eksplanasi masih kurang memberi peluang bagi tradisi literasi kepada siswa. Guru jarang menjadikan kegiatan membaca sebagai kerangka berpijak (frame of reference) dalam pembelajarannya. Belum tersedianya bahan ajar teks eksplanasi dan kurangnya latihan menulis teks eksplanasi merupakan hambatan siswa dalam mengenal dan memahami teks eksplansi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan materi pembelajaran teks eksplanasi berbasis literasi yang layak untuk siswa kelas VIII SMP Kristen Kalam Kudus. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan Research & Development (R &D) oleh Borg dan Gall. Desain pengembangan tersebut dikelompokan menjadi tiga prosedur pengembangan, yang meliputi, (a) perencanaan, (b) pengembangan produk, dan (c) validasi. Materi pembelajaran teks eksplanasi berbasis literasi dikembangkan dengan konsep literasi yang diambil dari standar pembelajaran esensial Victoria Australia atau Australian Victorian Essential Learning Standards/AusVELS yang dibuat melalui empat tahapan yang meliputi, teks dalam konteks, berinteraksi, menganalisis, menulis. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi, angket ahli materi dan desain, angket respon siswa, dan instrument modul tes. Sementara uji coba produk melibatkan tiga siswa, sembilan siswa, dan satu kelas. Penelitian ini melibatkan 34 siswa SMP Kristen Kalam Kudus Medan Kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen, dan 34siswa SMP Kristen Kalam Kudus Medan Kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Produk yang dihasilkan efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penulisan teks eksplanasi kelas VIII SMP Kristen Kalam Kudus Medan sesuai dengan kegiatan literasi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), terbukti dengan nilai rata-rata pretest 70,24, dan posttest 90,44, dengan nilai gain skor 0,68.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSolin, Mutsyuhito195810061985031001
Thesis advisorPramuniati, Isda196412071991032002
Call Number: 410.711 Per p
Keywords: pengembangan, materi pembelajaran teks eksplanasi berbasis literasi, literasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35968

Actions (login required)

View Item View Item