PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 13 MEDAN

Wanda, Rica Yudithia (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 13 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126121036 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126121036 Cover.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126121036 Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126121036 Pengesahan.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8126121036Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126121036Abstrak.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126121036 Kata pengantar.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126121036 Kata pengantar.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8126121036 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126121036 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8126121036 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126121036 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8126121036 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126121036 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8126121036 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8126121036 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8126121036 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8126121036 Bab I.pdf - Published Version

Download (746kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8126121036 Bab V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126121036 Bab V.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8126121036 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8126121036 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada perbedaan hasil belajar
bahasa Jerman antara siswa yang diajar dengan Strategi Quantum Reading dengan
siswa yang diajar dengan Strategi PQ4R (2) Apakah ada perbedaan hasil belajar
bahasa Jerman antara siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi dan
kemampuan verbal rendah (3) Apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran
dan kemampuan verbal yang mempengaruhi hasil belajar bahasa Jerman siswa.
Populasi penelitian terdiri dari 560 siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan pada
semester II tahun akademik 2017/2018 dan sampel terdiri dari 80 siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan menggunakan
rancangan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan adalah tes bahasa Jerman
yang terdiri dari 35 soal dan instrumen yang digunakan untuk mengukur
kemampuan verbal berupa tes yang sudah terstandarisasi. Teknik analisis data
menggunakan Anava dua jalan.
Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut (1) Terdapat perbedaan hasil belajar
siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Quantum Reading dengan
strategi PQ4R. Hasil belajar bahasa Jerman yang diajar dengan menggunakan
Quantum Reading lebih tinggi daripada hasil belajar bahasa Jerman siswa yang
diajar dengan strategi PQ4R , dimana Fhitung > Ftabel (5,70 > 3,9). (2) Ada
perbedaan hasil belajar bahasa Jerman antara siswa yang memiliki kemampuan
verbal tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan verbal rendah. Hasil
pembelajaran bahasa Jerman siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi lebih
tinggi daripada siswa dengan kemampuan verbal rendah dimana Fhitung > Ftabel
(5,26 > 3,9). (3) Ada interaksi yang signifikan antara penggunaan strategi
pembelajaran dan kemampuan verbal dalam mempengaruhi hasil belajar, dimana
Fhitung > Ftabel (6,09 >3,9). Hal ini disebabkan karena selain strategi pembelajaran,
karakteristik siswa yang lain, seperti kemampuan verbal dapat mempengaruhi
hasil belaja

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Wan p
Keywords: Strategi pembelajaran, PQ4R, quantum reading, kemampuan verbal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PD Germanic languages
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jul 2019 10:07
Last Modified: 15 Jul 2019 10:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35574

Actions (login required)

View Item
View Item