PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TARI RAPA’I GELENG PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA UNTUK PEMBELAJARAN TARI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BANDA ACEH

Huthoari, Haryanti (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TARI RAPA’I GELENG PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA UNTUK PEMBELAJARAN TARI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BANDA ACEH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8136122018 COVER.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8136122018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8136122018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8136122018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8136122018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8136122018 TABLES.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8136122018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8136122018 APENDICES.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8136122018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8136122018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8136122018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk menghasilkan media pembelajaran video tutorial untuk pembelajaran tari dalam matapelajaran seni budaya berdasarkan kriteria kualitas media pembelajaran yang layak digunakan. (2) untuk mengetahui hasil belajar terhadap Media Pembelajaran Video tutorial Tari Rapa’i Geleng. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan dari Dick and Carey. Subjek uji coba produk dalam penelitian ini terdiri dari tiga ahli materi pelajaran Seni Budaya, tiga ahli desain pembelajaran, tiga ahli media pembelajaran, tiga siswa untuk uji coba perorangan, delapan orang untuk untuk uji coba kelompok kecil, dan tiga puluh delapan orang siswa untuk uji coba lapangan terbatas. Data-data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket dan dianalisis desktiprif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi berada pada kualifikasi Valid (94,26%), (2) uji ahli desain pembelajran berada pada kualifikasi Valid (89,84%), (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi Valid (86,25%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (91,00%), (5) uji coba perorangan kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (89,14%), dan (6) uji coba lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat baik (93,00%). Dengan membandingkan tes awal dan tes akhir. Sampel 38 siswa. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media tutorial. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh t hitung > t tabel atau 7.99 > 2.31 atau dengan kata lain Hi ditolak dan Ho diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media sebesar 88,18% lebih tinggi dari pada siswa yang tanpa menggunakan media sebesar 71,72%. Disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Thesis advisorMursid, R196607111991031003
Call Number: 372.5 Hut p
Keywords: video tutorial, tari Rapa’i Geleng
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture
H Social Sciences > HM Sociology > HM831 Social change
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 May 2019 09:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35400

Actions (login required)

View Item View Item