ANALISIS PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SDIT RAUDATURRAHMAH PEKANBARU

Erwinsah, (2019) ANALISIS PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SDIT RAUDATURRAHMAH PEKANBARU. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156182015 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156182015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156182015 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156182015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156182015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156182015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156182015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156182015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156182015 BAB I.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156182015 BAB V.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156182015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang melibatkan semua pemangku kepentingan di bidang pendidikan tingkat pusat, provinsi, kabupaten kota, hingga satuan pendidikan. SDIT Raudaturrahmah Pekanbaru merupakan salah satu sekolah dasar yang telah dan sedang melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah namun masih ditemukan kurangnya kemampuan berliterasi peserta didik. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui: (1) konsep literasi yang dijalankan; (2) dimensi literasi yang dikerjakan siswa; dan (3) dampak gerakan literasi yang diterapkan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek atau sumber data penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik, sedangkan objek penelitian yakni konsep, dimensi, dan dampak gerakan literasi yang diterapkan sekolah melalui reading time. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara. Analisis dan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsep gerakan literasi sekolah di SDIT Raudaturrahmah Pekanbaru telah memenuhi tahapan pembiasaan dan pengembangan GLS, telah memenuhi prinsip-prinsip pelaksanaan GLS walau belum optimal, dan telah memenuhi ketiga strategi membangun budaya literasi yang positif walau kurang dari 70%. Kegiatan literasi di sekolah berbentuk reading time (waktu membaca) dan PILAR; (2) dimensi literasi yang dikerjakan siswa, yakni: bahasa, kognitif, sosial budaya, dan perkembangan, walaupun belum tercapai optimal; dan (3) dampak gerakan literasi sekolah terhadap kegiatan belajar mengajar dari segi perkembangan bahasa (kosa kata) dan melatih pemahaman, menumbuhkan minat membaca, mendapatkan ilmu, berita serta informasi baru dari hasil bacaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
RestagerSolin, Mutsyuhito195810061985031001
Thesis advisorAdisaputera, Abdurrahman196710011994021001
Call Number: 371.8 Erw a
Keywords: GLS, reading time, bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 May 2019 09:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35396

Actions (login required)

View Item View Item