ANALISIS KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

RITONGA, HENDRI (2018) ANALISIS KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3142131003 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3142131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3142131003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3142131003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3142131003 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3142131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3142131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3142131003 TABLES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3142131003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3142131003 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 3142131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran guru IPS terpadu di SMP Negeri 27 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 27 Medan dengan jumlah populasi sebanyak 3 orang guru dan sekaligus menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan komunikasi langsung melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama yang dihadapi guru dalam perencanaan berdasarkan penilaian IPKG I dengan hasil GR.01 dengan skor 59.16, GR.02 skor 56.66 dan GR.03 skor 68.33. Sedangkan dalam pelakasanaan berdasarkan penilaian IPKG II dengan hasil GR.01 dengan skor 52.60, GR.02 skor 67,19 dan GR.03 69.27. Setiap kendala tersebut tidak hanya dialami oleh guru yang pengalaman mengajarnya muda, tetapi juga dialami oleh guru yang pengalaman mengajarnya lebih lama. Latar belakang pendidikan ternyata sangat mempengaruhi kegiatan mengembangkan pembelajaran, karena guru tidak semuanya menguasai teori geografi, ekonomi dan sejarah sehingga mengalami kendala pada materi-materi pelajaran yang bukan berasal dari latar belakang pendidikan guru-guru tersebut. Pada penilaian IPKG I yang termasuk kategori kurang ada 67%, yang termasuk kategori cukup ada 33% dalam perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu. Pada penilaian IPKG II ada 2 (67%) guru yang termasuk kedalam kategori cukup 1 (33%) termasuk kedalam kategori kurang dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPS Terpadu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Rosni196004291985032002
Call Number: SK-2018 GEO 056
Keywords: analisis,kendala guru, Pembelajaran IPS Terpadu.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 12 Apr 2019 09:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35213

Actions (login required)

View Item View Item