PERAN KETELADANAN GURU PPKN DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA (STUDI KASUS SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANGARIBUAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018)

Sihombing, Lopiana (2018) PERAN KETELADANAN GURU PPKN DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA (STUDI KASUS SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANGARIBUAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018). Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3142111011 COVER.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3142111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3142111011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3142111011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3142111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3142111011 TABLES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3142111011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3142111011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3142111011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3142111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keteladanan guru PPKn dalam membina kedisiplinan siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pangaribuan, yang beralamat di JL. Sisingamangaraja Pangaribuan 22472 Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta yang apa adanya dan berdasarkan penelitian dilapangan. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi secara langsung ke SMA Negeri 1 Pangaribuan, dan menyebarkan angket. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 107 orang. Sampel yang akan diambil dalam penelitian ini sebanyak 27 orang yaitu 25% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik sampel acak ( random sampling). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu peran keteladanan guru PPKn sudah berperan cukup baik/cukup maksimal dalam membina kedisiplinan siswa melalui memberi arahan, memberi nasehat, hukuman, mematuhi peraturan terhadap siswa di sekolah SMA Negeri 1 Pangaribuan. Hal ini menunjukkan bahwa beberapa bentuk keteladanan dari guru PPKn dalam membina kedisiplinan siswa sudah terimplementasikan dengan cukup baik yaitu (57,38%) yang dilihat dari hasil tabel frekuensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiregar, Rosnah19560510980032004
Thesis advisorHadiningrum, Sri196709131993102002
Call Number: SK-2018 PKN 029
Keywords: Keteladanan,Guru PPKn, Kedisiplinan,Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 15:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35144

Actions (login required)

View Item View Item