PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XI DI SMK SWASTA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Br Tarigan, Eka Astika (2018) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XI DI SMK SWASTA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3143111016 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3143111016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3143111016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3143111016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3143111016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3143111016 TABLES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3143111016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3143111016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3143111016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3143111016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3143111016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas XI di SMK Swasta Parulian 2 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif Kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara menyebarkan angket dan memberikan tes tulis pilihan ganda pada siswa kelas XI di SMK Swasta Parulian 2 Medan. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 94 siswa. Dikarenkan populasi pada penelitian ini tidak mencapai 100 orang, maka sampelnya diambil semuanya sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya untuk mengukur dan mengetahui hubungan antara variabel x dan y, digunakan rumus korelasi Product moment. Dari hasil perhitungan koefesien korelasi antara variabel pengaruh keterampilan mengajar guru (x) terhadap variabel hasil belajar siswa (y) dapat diketahui bahwa rhitung adalah sebesar 0,406. Korelasi ini apabila diinterprestasikan pada nilai r korelasi dapat dikategorikan pada korelasi yang sedang. Dari hasil penelitian analisis dengan menggunakan uji ‘t’ diatas untuk melihat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas XI di SMK Parulian 2 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Diperoleh thitung = 4,262 dengan harga ttabel = 1,986 karena thitung lebih besar dari pada ttabel (4,262 > 1,986) pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = n-2 (94-2 = 92) dengan demikian hipotesis alternatif dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorM.Si, Drs. Liber Siagian196409171990031003
Call Number: SK-2018 PKN 032
Keywords: Keterampilan Mengajar Guru, Hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 15:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35136

Actions (login required)

View Item View Item