UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS XI MIA 15 SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

LUMBANTOBING, EKES KUKEYER (2018) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS XI MIA 15 SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4141111009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4141111009 COVER.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4141111009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
2. 4141111009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4141111009 FREFACEE.pdf]
Preview
Text
2. 4141111009 FREFACEE.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4141111009 Abstract.pdf]
Preview
Text
3. 4141111009 Abstract.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4141111009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 4141111009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4141111009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 4141111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of 6. 4141111009 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. 4141111009 TABLE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 7. 4141111009 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 4141111009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 8. 4141111009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 4141111009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4141111009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 4141111009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. 4141111009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 4141111009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4141111009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 4141111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan.Berdasarkan hasil analisis data aktivitas siswa yang dilihat dari lembar observasi aktivitas diperoleh rata-rata aktivitas awal siswa 45,13 % pada kategori kurang aktif, setelah dilakukan pembelajaran pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 63,63% dalam kategori cukup aktif.Pada analisis data siklus II dengan menggunakan model pembelajaran yang sama diperoleh rata-rata aktivitas siswa 73,56% pada kategori aktif dan telah memenuhi kriteria aktivitas belajar siswa yaitu ≥70%.
Demikian juga dengan hasil belajar siswa, sebelum dilakukan tindakan terlebih dahulu diberikan tes awal serta tes hasil belajar pada setiap akhir siklus.Dari hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada tes awal 37,50% dengan banyak siswa yang tuntas 15 orang.Setelah di terapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siklus I diperoleh analisis data dari tes hasil belajar I bahwa rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 57,5% dengan banyak siswa yang tuntas 23 orang.Pada siklus II dengan menerapkan model pembelajaran yang sama diperoleh peningkatan pada hasil belajar siswa yaitu sebanyak 35 orang telah memiliki ketuntasan pada kategori baik dengan rata-rata ketuntasan belajar 87,50% dan telah memenuhi ketuntasan klasikal yaitu ≥85%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI MIA 15 SMA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 114
Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Think Pair Share, Aktivitas dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NA Architecture > NA2000 Study and teaching. Research
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 11:21
Last Modified: 11 Jul 2019 08:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34978

Actions (login required)

View Item
View Item