PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN GEOGEBRA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TG. MORAWA TA. 2017/2018

Lubis, Lia Fidiatin (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN GEOGEBRA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TG. MORAWA TA. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4142111018. COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4142111018. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4142111018. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4142111018. PREFACE.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4142111018. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4142111018. TABLES.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4142111018. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4142111018. APPENDIES.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4142111018. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4142111018. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4142111018. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui efektivitas lembar aktivitas siswa yang dikembangkan menggunakan pendekatan scientific berbantuan GeoGebra, (2) Mengetahui peningkatan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap lembar aktivitas siswa yang dikembangkan dengan pendekatan scientific berbantuan GeoGebra, (3) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan lembar aktivitas siswa yang dikembangkan dengan pendekatan scientific berbantuan GeoGebra. Jenis pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Dalam penelitian ini disusun Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dan angket respon siswa yang sudah divalidasi oleh para ahli. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tg. Morawa. Teknik analisis data dalam pengembangan lembar aktivitas siswa digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efektivitas lembar aktivitas siswa yang dikembangkan menggunakan pendekatan scientific berbantuan GeoGebra dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis disimpulkan berdasarkan pada: (a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal dengan rata-rata sebesar 39,42 dan (b) ketercapaian indikator berada pada kriteria batasan keefektifan; (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap lembar aktivitas siswa yang dikembangkan menggunakan pendekatan scientific yaitu diketahui dari rata-rata peningkatan kemapuan pemecahan masalah matematis pada ujicoba lapangan yaitu 79,41%; (3) Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific berbantuan GeoGebra adalah positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Erlinawaty198109042008122001
Call Number: SK-2018 MAT 119
Keywords: Lembar Aktivitas Siswa, Scientific, GeoGebra, Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 10:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34942

Actions (login required)

View Item View Item