Ginting, Ernis Hiasinta (2018) PENGARUH KEGIATAN BERMAIN MELEMPAR BOLA TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ASSISI MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
![]() |
Text
1. NIM. 1143113007_COVER.pdf - Published Version Download (123kB) |
![]() |
Text
2. NIM. 1143113007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (202kB) |
![]() |
Text
3. NIM. 1143113007_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (220kB) |
![]() |
Text
4. NIM. 1143113007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (235kB) |
![]() |
Text
5. NIM. 1143113007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (162kB) |
![]() |
Text
6. NIM. 1143113007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (110kB) |
![]() |
Text
7. NIM. 1143113007_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (109kB) |
![]() |
Text
8. NIM. 1143113007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (110kB) |
![]() |
Text
9. NIM. 1143113007_BAB I.pdf - Published Version Download (315kB) |
![]() |
Text
13. NIM. 1143113007_BAB V.pdf - Published Version Download (312kB) |
![]() |
Text
14. NIM. 1143113007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (255kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah masih rendahnya keterampilan motorik kasar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain melempar bola terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di Tk Assisi Medan T.A 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksprimen dengan rancangan penelitian Quasi Exprerimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) kelas A1 dijadikan kelas kontrol berjumlah 22 orang anak dan kelas A2 dijadikan kelas eksprimen berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi. Instrumen penelitian berupa panduan observasi berbentuk kisi-kisi instrumen yang berisi daftar jenis kegiatan atau perilaku yang timbul yang akan diamati. Analisis data statistik yang digunakan ialah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis deskriptif menunjukan permainan melempar bola lebih baik dibandingkan kelas kontrol, nilai tertinggi 18 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi 14, rata-rata pada kelas eksprimen 14,54 dan untuk kelas kontrol 10,68. Jumlah anak yang mendapat nilai diatas rata-rata di kelas eksprimen ada 11 anak (50%) sedangkan pada kelas kontrol anak yang mendapat nilai diatas rata-rata ada 8 anak (36,36%), sebaliknya jumlah anak di kelas kontrol yang mendapat nilai dibawah rata-rata lebih banyak (54,54%) dibandingkan di kelas eksprimen (45,5%). Berdasarkan hasil data tersebut menyatakan bahwa data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama atau homogen terpenuhi untuk kedua kelompok data. Hasil uji hipotesis diketahui 6,012 > 1,685. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan bermain melempar bola terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK ASSISI MEDAN T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | SK-2018 PAUD 053 | ||||||
Keywords: | motorik kasar; anak; usia 4- 5 tahun; permainan melempar bola | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education |
||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD | ||||||
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah | ||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:19 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34917 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |