INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM DI SMA

AFRIDA, SRI NUR (2018) INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 4141131050 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text
3. NIM. 4141131050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text
4. NIM. 4141131050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text
5. NIM. 4141131050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text
6. NIM. 4141131050 TABLES.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text
7. NIM. 4141131050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text
8. NIM. 4141131050 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text
9. NIM. 4141131050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text
13. NIM 4141131050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text
14.. NIM. 4141131050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh produk bahan ajar kimia SMA berbasis kontekstual pada materi hidrolisis garam yang sesuai dengan standar BSNP (2) mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar inovatif lebih tinggi daripada hasil beljar yang diajar tanpa menggunakan bahan ajar inovatif. Metodeyang digunakan adalah research and development (R and D), melalui tahapan analisis, tahap rancangan dan tahap pengembangan. Penelitian ini diawali dengan menganalisis tiga buku pelajaran kimia kelas X pada materi hidrolisis garam SMA, yang meliputi satu buku kimia yang digunakan di tempat penelitian dan dua buku yang lain. Setelah dianalisis, maka dilakukan pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual. Pengembangan yang dilakukan dengan melihat kekurangan dan kelebihan dan masingmasing buku dan menambahkan aspek kontekstual di dalam bahan ajar yang dikembangkan. Setelah dikembangkan maka diberikan kepada tiga responden yang meliputi dua orang dosen kimia FMIPA Unimed dan satu orang guru mata pelajaran kimia MAN 3 Medan untuk menilai kevalidan dari bahan ajar. Pengembangan bahan ajar didasarkan pada standar BSNP, dengan hasil kelayakan isi 3,63, kelayakan bahasa 3,58 , kelayakan penyajian 3,56, dan kelayakan kegrafikan 3,72 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi sehingga bahan ajar dapat diimplementasikan. Bahan ajar tersebut diimplementasikan kepada siswa. Dengan populasi kelas XI ada dua kelas yaitu XI MIA 3 sebagi kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dan dipilih dengan cara purposive sampling. Sebelum dilakukan penelitian, uji instrumen tes dilakukan terlebih dahulu sehingga didapatkan 20 soal yang valid. Soal yang telah valid diujikan ke siswa didapat rata-rata nilai pre-test 3 3 , 2 5 dan rata-rata nilai postes adalah 79,63. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas yaitu sebesar 9,49 < 11,07 pada kelas eksperimen 9,64 < 11,07 pada kelas kontrol keduanya terdistribusi normal, hasil analisis uji normalitas pada kelas kontrol maupun eksperimen sebesar 1,15569 < 1,582 yaitu data pada kedua kelas tersebut normal, selanjutnya hasil uji hipotesis yakni uji pihak kanan, ttabel didapat dari tabel dengan α = 0,05 dan db=n- 1=40-1=39 yaitu 1,6671 dan t hi t u n g=2,20192 artinya peningkatan hasil belajar yang diajar menggunakan bahan ajar inovatif lebih besar dari pada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan bahan ajar reguler .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSINAGA, MARUDUTnidn0016026309
Call Number: SK-2018 KIM 048
Keywords: INOVASI BAHAN AJAR, KONTEKSTUAL, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 11 Apr 2019 09:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34894

Actions (login required)

View Item View Item