PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SMA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI MEDIA REAL LAB DAN VIRTUAL LAB PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

sundari, elpira (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SMA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI MEDIA REAL LAB DAN VIRTUAL LAB PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 4143131011 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4143131011 LEMBAR PENGESAHAN yes.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4143131011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4143131011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4143131011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4143131011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4143131011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4143131011 BAB I.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4143131011 BAB V.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4143131011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model inquiry terbimbing disertai media real lab dan virtual lab pada materi titrasi asam basa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 21 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas eksperimen 1 penerapan model inquiry terbimbing disertai media real lab, kelas eksperimen 2 penerapan model inquiry terbimbing disertai media virtual lab. Penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar berupa tes objektif sebanyak 15 soal yang telah dianalisis dan dinyatakan memenuhi syarat berdasarkan validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran tes. Dari analisis data untuk kelas eksperimen 1 yang diajar dengan model inquiry terbimbing disertai media real lab diperoleh rata-rata pretest 30,3 dan nilai rata-rata postest 79,3. Kels eksperimen 2 yang diajar dengan model inquiry terbimbing disertai media virtual lab diperoleh rata-rata pretest 28,0 dan nilai rata-rata posttest 71,1. Pada uji t pretest diperoleh nilai -t½ 0 t½ yaitu -2,0021 0,73 2,0021, maka H0 diterima yang berarti bahwa tidak ada perbedaan kemampuan awal siswa pada kedua kelas eksperimen. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Sedangkan pada uji t postest diperoleh nilai -thitung< - t ½ dan thitung> t ½ yaitu -2,69 < -2,0021 dan 2,69 > 2,0021, maka Ha diterima yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa terhadap penggunaan media yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Dra. Ani Sutiani, M.Si196807301992032001
Call Number: SK-2018 KIM 051
Keywords: inquiry terbimbing, real lab, virtual lab,titrasi asam basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 10 Apr 2019 16:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34887

Actions (login required)

View Item View Item