ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS X MIA SMA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Hutagalung, Luvi Yunita (2018) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS X MIA SMA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4141141037 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4141141037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4141141037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4141141037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4141141037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4141141037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4141141037 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4141141037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4141141037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4141141037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dari aspek kognitif dan indikator pembelajaran, serta factor penyebab kesulitan belajar siswa kelas X MIA SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 pada materi klasifikasi makhluk hidup. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Swasta Parulian 1 Medan yang berjumlah 63 orang. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling. Instrument pengumpulan data penelitian berupa tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan siswa kelas X MIA SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 mengalami kesulitan belajar dalam materi klasifikasi makhluk hidup pada aspek kognitif tertinggi adalah (C4) sebesar 65.08% termasuk kedalam kategori sangat tinggi. Pada aspek indikator pembelajaran, persentase tertinggi terdapat pada indikator ke-2 (Mengidentifikasi dasar klasifikasi makhluk hidup) siswa mengalami kesulitan belajar dengan persentase sebesar 56.62% termasuk kategori sangat tinggi. Faktor yang berpengaruh dalam kesulitan belajara dalah faktor motivasi, kesehatan, psikiatrik, minat, metode mengajar guru, standar pembelajaran, materi pelajaran, orang tua dan suasana rumah. Faktor lain seperti intelegensi, alat pembelajaran, dan media pembelajan, berada dalam kategori cukup berpengaruh terhadap kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinambela, Masdiana196011051986012001
Call Number: SK-2018 BIO 110
Keywords: Kesulitan Belajar; Aspek Kognitif; Indikator Pembelajaran; Klasifikasi Makhluk Hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 10 Apr 2019 15:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34857

Actions (login required)

View Item View Item