ANALISIS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA LKS DAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA

HUMAIRAH, ERVA RIFA'ATUL (2018) ANALISIS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA LKS DAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4141131016 COVER.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4141131016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4141131016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4141131016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4141131016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4141131016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4141131016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4141131016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4141131016 BAB I.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4141131016 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4141131016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia, perbedaan hasil belajar dan aktivitas, dan korelasi terhadap hasil belajar dan aktivitas, siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL menggunakan media LKS dan PBL menggunakan kartu soal pada pokok bahasan konsep mol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Stabat. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan teknik random untuk mengambil satu kelas sebagai kelas eksperimen I dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II. Masing - masing kelas terdiri atas 35 orang siswa. Siswa pada kelas eksperimen I dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL menggunakan media LKS. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL menggunakan kartu soal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes. Untuk tes berupa hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitasnya dan untuk non tes berupa lembar observasi (angket). Uji hipotesis dilakukan dengan uji t-test satu pihak dan test dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada peningkatan hasil belajar kimia, (2) ada perbedan hasil belajar dan aktivitas siswa, (3) ada korelasi terhadap hasil belajar dan aktivitas. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa gain di kelas eksperimen I mencapai 61,87% dan kelas ekperimen II mencapai 56,89%. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen I 32,67 dan postest 74,67. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen II 33,17 dan posttest 71,33. Besarnya pebedaan peningkatan hasil belajar siswa yg diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media LKS dan yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media kartu soal pada pokok bahasan konsep mol diperoleh sebesar 4,98%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, JasmidiNIDN19651104 199103 1 002
Call Number: SK-2018 KIM 067
Keywords: PBL, MEDIA, KONSEP MOL, HASIL BELAJAR, AKTIVITAS SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 10 Apr 2019 15:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34838

Actions (login required)

View Item View Item