PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA

LESTARI, NATASHA (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4143131027 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4143131027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4143131027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4143131027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4143131027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img] Text
10. NIM 4143131027 BAB I.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
14. NIM 4143131027 BAB V.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
15. NIM 4143131027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa dengan model Dicovery Learning berbasis Lesson Study dengan Macromedia Flash lebih tinggi dari pada peningkatan hasil belajar siswa dengan model konvensional pada materi pokok larutan penyangga dan untuk mengetahui aspek kognitif manakah yang paling berkembang melalui pembelajaran model Dicovery Learning berbasis Lesson Study dengan Macromedia Flash. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 38,78 dan nilai rata-rata posttest 85,79 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 39,77 dan nilai rata-rata posttest adalah 78,13. Gain ternormalisasi kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar kimia kelas kontrol, yaitu 0,7667 (76,67%) dan 0,6280 (62,80%). Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel yakni 5,697 > 1,670 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbasis Lesson Study dengan Macromedia Flash lebih tinggi dibandingkan dengan model konvensional. Dari data peningkatan pencapaian indikator lesson study ini terlihat bahwa peningkatan paling besar yaitu pada indikator lima yaitu siswa mendalami pemikirannya sendiri dan indikator enam yaitu siswa mempertahankan motivasi dengan belajar bersama. Aspek kognitif yang paling berkembang melalui pembelajaran Discovery Learning berbasis Lesson Study dengan Macromedia Flash adalah C2 (pemahaman) 75,31%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUYANTI, RETNO DWI196601261991032003
Call Number: SK-2018 KIM 100
Keywords: discovery learning, lesson study, macromedia flash, larutan penyangga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 10 Apr 2019 11:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34719

Actions (login required)

View Item View Item