PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TAMBUA TANSA DI SD MUHAMMADIYAH 01 AEKKANOPAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

ALFIANSYAH, ARI (2018) PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TAMBUA TANSA DI SD MUHAMMADIYAH 01 AEKKANOPAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2113340006 COVER.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2113340006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2113340006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2113340006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2113340006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2113340006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2113340006 TABLES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2113340006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2113340006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2113340006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Ekstrakurikuler Tambua Tansa di SD Muhammadiyah 01 Aekkanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara Dalam penelitian ini didukung oleh teori-teori yang bertujuan agar hasil dari suatu studi kepustakaan yang saling berhubungan (relevan) terhadap pokok permasalahan yang hendak diteliti. Adapun teori yang digunakan yaitu, pengertian pembelajaran, teori metode pembelajaran, teori hasil belajar, pengertian tambua tansa, pengertian instrumen, teori musik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilkaukan di SD Muhammadiyah 01 Aekkanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara, dengan waktu penelitian pada bulan April sampai Juni Tahun 2018. Populasi dan sampel penelitian ini adalah para siswa yang ikut ekstrakurikuler Tambua Tansa di SD Muhammadiyah 01 Aek Kanopan yang berjumlah delapan (8) orang siswa dan satu (1) orang pelatih. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Seluruh data yang didapatkan melalui metode tersebut dikumpulkan dan dianalisis disusun secara sistematis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka diketahui bahwa menggunakan metode sosiodrama, metode orientasi, metode domonstrasi dan metode eksperimen. materi yang diajarkan materi yang langsung diciptkan oleh pelatih, salah satunya materi karya yang berjudul “Sorak Sorai”. Hasil pembelajaran diperoleh siswa secara universal, yang dilakukan secara merangkap dari hasil latihan hingga penampilan dan diikuti ekstrakurikuler Tambua Tansa di SD Muhammadiyah 01 Aekkanopan, dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal proses evaluasi terus dilakuan selama latihan Tambua Tansa berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSILITONGA, PITA H DNIDN195701141982032002
Thesis advisorGINTING, PULUMUN PNIDN197105112003121002
Call Number: SK-2018 MSK 033
Keywords: Pembelajaran, Tambua Tansa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 10:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34274

Actions (login required)

View Item View Item