PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X - IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MEDAN T.P 2017/2018

HIDAYAT, TAUFIK (2018) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X - IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7141141070 COVER.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7141141070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7141141070 PREFACE.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7141141070 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7141141070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7141141070 TABLES.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7141141070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7141141070 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7141141070 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7141141070 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7141141070 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya Perhatian Orang Tua dan kurangnya Fasilitas Belajar dan rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X- IPS Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penlitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X –IPS yang berjumlah 82 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, angket dan dokumentasi. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda = 45,914 + 0,211X1+0,216X2 selanjutnya variabel Perhatian Orang Tua ( memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai > (2,402 > 1,664), dan α < 0,05 (0,019 < 0,05). Sementara Fasilitas Belajar ( juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap indeks prestasi dengan nilai > (2,165 > 1,664), dan α < 0,05 (0,033 < 0,05). Secara bersama-sama komunikasi dan motivasi orangtua memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap indeks prestasi dengan nilai > (6,753 > 3,11), dan α < 0,05 (0,002 < 0,05). Persentase sumbangan pengaruh komunikasi dan motivasi orangtua terhadap prestasi belajar siswa sebesar 14,6%. Adanya Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Fasilitas Belajar secara efektif akan menambah semangat dan keinginan anak untuk belajar lebih giat lagi. Selain itu adanya kerjasama antara pihak sekolah dan orangtua sangat perlu adanya untuk mengetahui bagaimana kondisi belajar siswa di rumah dan di sekolah. Membangun Perhatian Orang Tua dan Fasilitas Belajar terhadap anak secara intens nantinya dapat meningkatkan prestasi belajar anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, JHONSONNIDN1961111021987031001
Call Number: SK-2018 EKO 081
Keywords: Perhatian Orang Tua, Fasilitas Belajar, Dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 16:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34229

Actions (login required)

View Item View Item