ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PENILAIAN AUTENTIK DI SD NEGERI GUGUS WILAYAH I KECAMATAN SELESAI TAHUN AJARAN 2017/2018

AFRILIA, DWI (2018) ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PENILAIAN AUTENTIK DI SD NEGERI GUGUS WILAYAH I KECAMATAN SELESAI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1141111028_COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1141111028_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1141111028_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1141111028_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1141111028_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1141111028_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1141111028_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1141111028_BAB I.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1141111028_BAB V.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1141111028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang analisis kemampuan guru dalam menerapkan penilaian autentik dalam proses pembelajaran tematik di sd negeri gugus wilayah I terutama sd yang sudah menerapkan kurikulum 2013, meliputi kemampuan guru dalam pemahaman penilaian autentik, pengembangan penilaian autentik, pelaksanaan penilaian autentik serta kendala yang dialami pada proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu bersifat penggambaran keadaan secara naratif atau kata-kata apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi : wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik sebenarnya sudah dilaksanakan cukup baik, sebagian guru sudah melakukan penilaian autentik sesuai standar pemerintah yaitu menggunakan pedoman penilaian yang ada di buku guru. Namun ada juga guru yang sama sekali belum paham dan melaksanakan penilaian autentik. Penilaian keterampilan masih belum sesuai dengan standar,karena guru sebagian menggunakan penilaian essay. Hambatan pelaksanaan penilaian autentik terlihat dari proses penilaian autentik meliputi penilaian menyita banyak waktu dan beban administrasi bagi guru yang semakin banyak karena harus menyediakan lebar penilaan autentik setiap hari dengan biaya pribadi. Rubrik penilaian sikap ada sebagian guru yang jarang menggunakan atau menilai tidak secara efektif lagi yaitu guru lebih sering menilai sikap siswa sama rata. Faktor usia yang mempengaruhi pemahaman guru dan menyebabkan guru sedikit malas untuk mempelajarinya dan untuk melaksanakannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, NURHAIRANINIDN198408242009122005
Call Number: SK-2018 PGSD 439
Keywords: PEMAHAMAN PENILAIAN AUTENTIK, PENILAIAN AUTENTIK, KENDALA DALAM PENILAIAN AUTENTIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 15:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34223

Actions (login required)

View Item View Item