IMPLEMENTASI KURIKULUM TERSEMBUNYI OLEH GURU BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 7 MEDAN

RINARTI, AMALIYAH (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM TERSEMBUNYI OLEH GURU BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2143311005 COVER.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2143311005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2143311005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2143311005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2143311005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2143311005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2143311005 TABLES.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2143311005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum tersembunyi di dalam dan di luar kelas oleh guru bahasa Indonesia SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu 4 orang guru Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri. Hasil menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kurikulum tersembunyi oleh guru bahasa Indonesia yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 7 baik di dalam kelas maupun di luar kelas yaitu membagi kelompok dengan kebebasan memilih, memadukan kemampuan, juga menyesuaikan kelompok besar dan kecil. Memberi nasihat setelah selesai materi, memberikan nasihat saat ingin ujian atau ulangan, memberi nasihat mengenai ujian dan dunia perkuliahan, dan memberikan nasihat sebelum materi pembelajaran. Memberikan hukuman dengan cara menegur, memberikan nilai tambah bagi yang selesai tepat waktu dan yang aktif bertanya. Memberikan pengurangan nilai bagi yang ribut dan tidak tertib pada saat ujian, juga memberikan penilaian dari berbagai aspek saat mengadakan ujian lisan. Memberikan penghargaan berupa ucapan dan juga tepuk tangan, menceritkan dunia di luar lingkungan sekolah sebagai bahan pembelajaran saat di dalam kelas, juga memperhatikan tulisan tangan dan bahasa lisan siswa. Mengadakan interaksi tanya jawab yang baik, datang tepat waktu dan memperhatikan kerapian baju dan rambut siswa. Mengadakan perkumpulan antar guru sebulan sekali, pengajian dan pertamiangan. Dapat disimpulkan bahwa keseluruhan bentuk kegiatan kurikulum tersembunyi oleh guru bahasa Indonesia, mendominasi kepada visi sekolah yaitu unggul dalam prestasi, inovatif dalam berkarya, disiplin dan religius dalam bertindak, serta berwawasan lingkungan sehat dan nyaman. Pelaksanaan kurikulum tersembunyi di SMA Negeri 7 Medan pada dasarnya sudah terlaksana dengan baik. Dengan karakter yang berhasil dibentuk guru bahasa Indonesia yaitu 2 karakter utama, yakni disiplin dan rasa ingin tahu. Kurikulum tersembunyi yang dilaksanakan sudah memberikan efek positif kepada siswa. Hal ini dibuktikan dari tingkat kenakalan yang sudah berkurang. Adapun permasalahan siswa yang sering terjadi seperti terlambat, bolos, melawan guru merupakan kasus yang biasa dan sudah teratasi dengan baik melalui pembiasaan, dan penanaman nilai-nilai kedisiplinan melalui kegiatan diluar kurikulum resmi oleh guru bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHADI, WISMANNIDN197802012003121003
Call Number: SK-2018 IND 120
Keywords: Kurikulum Tersembunyi; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 15:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34185

Actions (login required)

View Item View Item