PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN DAN PETA KONSEP BERBANTUAN AUTOGRAPH DI KELAS VIII SMP NEGERI 29 MEDAN T.A 2018/2019

A. PUTRI, PRAMAYS SHELLA (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN DAN PETA KONSEP BERBANTUAN AUTOGRAPH DI KELAS VIII SMP NEGERI 29 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4143311028 COVER.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4143311028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4143311028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4143311028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4143311028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4143311028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4143311028 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4143311028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4143311028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4143311028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4143311028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 29 Medan ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran peta pikiran berbantuan autograph lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran peta konsep berbantuan autograph pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 29 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 29 Medan T.A 2018/2019 yang terdiri 8 kelas. Pengambilan sampel Cluster Random Sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen I dengan pembelajaran Peta Pikiran (Mind Map) dan kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen II dengan pembelajaran Peta Konsep (Concept Map), jumlah pada masing-masing kelas adalah 36 orang siswa. Sebagai alat pengumpul data digunakan data pretest dan posttest dalam bentuk test isian (essay), dimana masing-masing soal berjumlah 5 soal yang sudah divalidkan. Berdasarkan data pretest tes hasil belajar matematika siswa nilai rata-rata dikelas eksperimen I sebesar 61,11 dan nilai rata-rata eksperimen II sebesar 60,55. Sedangkan data posttest tes hasil belajar matematika siswa nilai rata-rata eksperimen I sebesar 83,33 dan nilai rata-rata eksperimen II sebesar 78,88. Dengan menggunakan uji hipotesis satu arah diperoleh dan dengan taraf nyata sehingga. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan peta pikiran berbantuan autograph lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan peta konsep berbantuan autograph dikelas VIII SMP Negeri 29 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiagian, Pargaulan195410191980111001
Call Number: SK-2019 MAT 052
Keywords: Hasil Belajar, Peta Pikiran, Peta Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34108

Actions (login required)

View Item View Item