STUDI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LIVEWIRE TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X SMK

ASHARI, FANDY (2018) STUDI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LIVEWIRE TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5121131001 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5121131001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5121131001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5121131001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5121131001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5121131001 TABLES.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5121131001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5121131001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5121131001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5121131001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5121131001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika dengan menggunakan media pembelajaran Livewire pada siswa kelas X SMK berbeda secara signifikan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Teknik Elektronika Industri (TEI) di UPTD SMK Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara pada Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X TEI UPTD SMK Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara, dengan sampel kelas X-TEI-3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan X-TEI-1 sebagai kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Metode pemilihan sampel penelitian dengan cara mencari tingkat homogenitas tiap kelas. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) setelah diberikan perlakuan (treatment). Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α)= 0,05. Uji validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder-Richardsoni (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t satu arah kanan dengan dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata post-test hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika kelas eksperimen yaitu 84,96 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 77,89. Hasil uji-t satu arah kanan juga menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 5,4005> 1,672. Artinya ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan kelas siswa yang diajar menggunakn Livewire lebih baik dari hasil belajar kelas siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran Livewire.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitorus, Panahatan195710111986011002
Call Number: SK-2018 ELK 054
Keywords: Media Pembelajaran Livewire, Dasar Listrik Dan Elektronika, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 10:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33790

Actions (login required)

View Item View Item