ASHARI, FANDY (2018) STUDI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LIVEWIRE TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5121131001 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 5121131001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
3. NIM 5121131001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM 5121131001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. NIM 5121131001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
6. NIM 5121131001 TABLES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
7. NIM 5121131001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM 5121131001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
9. NIM 5121131001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (669kB) | Preview
13. NIM 5121131001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM 5121131001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika dengan menggunakan media pembelajaran Livewire pada siswa kelas X SMK berbeda secara signifikan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Teknik Elektronika Industri (TEI) di UPTD SMK Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara pada Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X TEI UPTD SMK Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara, dengan sampel kelas X-TEI-3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan X-TEI-1 sebagai kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Metode pemilihan sampel penelitian dengan cara mencari tingkat homogenitas tiap kelas. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) setelah diberikan perlakuan (treatment). Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α)= 0,05. Uji validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder-Richardsoni (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t satu arah kanan dengan dua sampel independen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata post-test hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika kelas eksperimen yaitu 84,96 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 77,89. Hasil uji-t satu arah kanan juga menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 5,4005> 1,672. Artinya ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan kelas siswa yang diajar menggunakn Livewire lebih baik dari hasil belajar kelas siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran Livewire.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 054 |
Keywords: | Media Pembelajaran Livewire, Dasar Listrik Dan Elektronika, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:11 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33790 |