PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI DI MAN PEMATANGSIANTAR T.A 2018/2019

DIAN RATNA PURI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI DI MAN PEMATANGSIANTAR T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3141121007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3141121007 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3141121007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3141121007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3141121007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3141121007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3141121007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3141121007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3141121007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3141121007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3141121007 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3141121007 TABELS.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3141121007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3141121007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3141121007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3141121007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 3141121007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 3141121007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3141121007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3141121007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan penerapan model Kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN Pematangsiantar yang terdiri dari 4 kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dengan desain penelitian eksperimen, yaitu ada perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol agar dapat dilihat perbedaannya dan jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen. Pengambilan sampel delakukan dengan cara Cluster Sampling, adalah tehnik memilih sebuah sampel dari kelompok – kelompok unit yang kecil, yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dan XI IPS 4 sebagai kelas kontrol yang berkumlah 33 siswa..
Desain penelitian adalah two group pre-test, post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Pengujian instrumen tes hasil belajar adalah uji t dua pihak dan uji t satu pihak. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menggunakan model tipe Jigsaw diperoleh rata – rata nilai 76,97 dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional diperoleh rata – rata nilai 68,48. Hasil uji Normalitas dan homogenitas diperoleh populasi berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis uji t pada nilai post test di peroleh t > t(0,975) (64) = (12.79 > 1,99), sehinggan H0 ditolak dan Ha diterima,atau dengan kata lain hasil belajar siswa yang diajar dengan model Jigsaw lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran sejarah IPS MAN Pematangsiantar T.A 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 SJRH 065
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 09:53
Last Modified: 10 Apr 2019 03:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33769

Actions (login required)

View Item
View Item