HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PKL (PRAKTIK KERJA LAPANGAN) SISWA SMK NEGERI 10 MEDAN

AZMI, CHAIRIZA (2018) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PKL (PRAKTIK KERJA LAPANGAN) SISWA SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5133342022 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5133342022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5133342022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5133342022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5133342022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5133342022 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5133342022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5133342022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5133342022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5133342022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1) motivasi belajar siswa; (2) kepercayaan diri siswa; (3) hasil belajar PKL (praktik kerja lapangan); (4) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PKL (praktik kerja lapangan); (5) hubungan kepercayaan diri dengan hasil belajar PKL (praktik kerja lapangan); (6) hubungan motivasi belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar PKL (praktik kerja lapangan). Desain penelitian adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di SMK Negeri 10 Medan. Pengambilan sampel digunakan teknik Total Sampling, sehingga yang menjadi sampel penelitian seluruh kelas XI Boga dengan jumlah 42 orang. Data motivasi belajar dan kepercayaan diri dikumpulkan dengan menggunakan angket sedangkan data hasil belajar PKL (praktik kerja lapangan) dengan dokumentasi nilai. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji lineritas dan keberartian persamaan regresi ganda, uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, uji parsial dan uji korelasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan variabel motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa termasuk kategori cenderung cukup dengan nilai masing-masing sebesar 100 persen dan 88,09 persen dan hasil belajar PKL (praktik kerja lapangan) cenderung tinggi dengan persentasi sebesar 100 persen. Hasil analisis uji normalitas dengan dk=5 pada ketiga variabel adalah normal untuk motivasi belajar (Xhitung=8,84<Xtabel= 11,07), kepercayaan diri (Xhitung= 10,98<Xtabel= 11,07), dan hasil belajar PKL (praktik kerja lapangan) (Xhitung=6,75<Xtabel= 11,07). Hasil analisis korelasi product moment menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PKL (praktik kerja lapangan) dengan nilai rhitung > rtabel (0,81>0,304), artinya semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar PKL (praktik kerja lapangan). Terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar PKL (praktik kerja lapangan) dengan nilai rhitung > rtabel (0,94>0,304), artinya semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin tinggi hasil belajar PKL (praktik kerja lapangan). Hasil analisis korelasi ganda terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar PKL (praktik kerja lapangan) dengan nilai Fhitung > Ftabel (3,44>3,28), artinya semakin tinggi motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa, maka semakin tinggi hasil belajar PKL (praktik kerja lapangan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBarus, Mastarina195512051981032001
Thesis advisorMutiara, Erli197003231999032001
Call Number: SK-2018 BOGA 030
Keywords: Motivasi belajar,Kepercayaan diri, Hasil belajar PKL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 05 Apr 2019 10:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33647

Actions (login required)

View Item View Item