PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI UNTUK SISWA KELAS XI SMA SWASTA LETJEN HARYONO M.T. MEDAN

Limbong, David Parulian (2019) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI UNTUK SISWA KELAS XI SMA SWASTA LETJEN HARYONO M.T. MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166191003 COVER.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166191003 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166191003 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166191003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166191003 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166191003 TABLE.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166191003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166191003 LIST OF APPANDICES.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166191003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166191003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166191003 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan media interaktif pada pembelajaran teks eksplanasi, (2) hasil uji coba dan efektivitas produk media interaktif pada pembelajaran teks eksplanasi, (3) kelayakan media interaktif pada pembelajaran teks eksplanasi oleh para ahli untuk siswa kelas XI SMA Swasta Letjen Haryono M.T. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bidang studi bahasa Indonesia, guru bidang studi TIK, dan siswa kelas XI SMA Swasta Letjen Haryono M.T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil angket kebutuhan yang telah disebarkan mendapatkan hasil bahwa responden belum pernah menggunakan media pembelajaran interaktif berupa website di dalam kelas dan responden juga membutuhkan media pembelajaran interaktif dalam bentuk website untuk dipakai di dalam kelas selama pembelajaran materi teks eksplanasi, (2) uji efektivitas produk pembelajaran berupa media pembelajaran interaktif terhadap 34 responden yang terdiri dari 1 orang guru bidang studi Bahasa Indonesia dan 1 orang guru bidang studi TIK sebagai guru pemandu yang mendapat hasil rata-tata 86,76% dalam kategori “sangat baik”. Uji coba produk perorang mendapat rata-rata 82,22% dalam kategori “sangat baik”, pada uji coba kelompok kecil mendapat rata-rata 86,11% dalam kategori “sangat baik”, dan untuk uji coba lapangan terbatas mendapat ratarata 89,12% dalam kategori “sangat baik”. Siswa sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif mendapat nilai rata-rata 81,25 dibandingkan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif yang berjumlah 2030 dengan rata-rata 63,43, (3) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan ratarata delapan 89,58% pada kriteria “sangat baik”, kelayakan penyajian dengan ratarata 88,88% pada kriteria “sangat baik”, aspek bahasa dengan rata-rata 88,88% pada kriteria “sangat baik”, aspek media pembelajaran interaktif dengan rata-rata 92,58% pada kriteria “sangat baik”, dan validasi ahli desain dengan rata-rata 82,00% pada kriteria “sangat baik”. Dengan demikian media interaktif berupa website dapat digunakan sebagai fasilitas pendukung pembelajaran teks eksplanasi di kelas yang efektif dan praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGafari, M.Oky Fardian197901152005011002
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Call Number: 410.712 Lim p
Keywords: Interaktif, Media Pembelajaran, Pengembangan, Eksplanasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33643

Actions (login required)

View Item View Item