ANALISIS MISKONSEPSI POKOK BAHASAN JARINGAN TUMBUHAN PADA BUKU BIOLOGI SMA KELAS XI DI KABUPATEN LANGKAT

Khairati, Sari (2011) ANALISIS MISKONSEPSI POKOK BAHASAN JARINGAN TUMBUHAN PADA BUKU BIOLOGI SMA KELAS XI DI KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
809735019 Judul.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
809735019 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735019 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735019 Abstrak.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img] Text
809735019 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
809735019 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735019 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735019 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735019 Bab I.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735019 Bab V.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi pada buku-buku pelajaran biologi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar biologi siswa. Penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada buku-buku biologi SMA kelas XI dilakukan di Kabupaten Langkat pada pokok bahasan jaringan tumbuhan. Hasil analisis sembilan buku biologi SMA kelas XI menunjukkan persentase miskonsepsi yaitu misidentifications (42,19%), overgeneralizations (23,44%), under generalizations (14,06%), obsolete concepts and terms (14,06%), dan oversimplifications (6,25%). Persentase miskonsepsi pada setiap sub pokok bahasan jaringan tumbuhan adalah jaringan pengangkut (43,76%), jaringan epidermis (17,18%), istilah dikotil (14,06%), jaringan meristem (12,49%), organ tumbuhan (7,79%), jaringan penyokong (4,70%). Terdapat satu buku biologi yang paling banyak mengalami miskonsepsi yaitu 11 miskonsepsi dan dua buku biologi yang paling sedikit mengalami miskonsepsi yaitu 4 miskonsepsi. Penelitian ini mengimplikasikan adanya variasi miskonsepsi pada buku-buku biologi SMA yang perlu diantisipasi, agar tidak menimbulkan miskonsepsi pada guru dan siswa pada pokok bahasan jaringan tumbuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyarifuddin, 195911221986011001
Thesis advisorDjulia, Ely196607241991032012
Call Number: 580.7 Kha a
Keywords: Miskonsepsi; Biologi; Jaringan tumbuhan; Buku pelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3364

Actions (login required)

View Item View Item