PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERPEN BERBASIS LITERASI MEDIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LOLOMATUA

Bu’ulolo, Yanida (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERPEN BERBASIS LITERASI MEDIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LOLOMATUA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166191019 COVER.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166191019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166191019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166191019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166191019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166191019 TABLES.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166191019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166191019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166191019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166191019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166191019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis lietrasi media pada materi menulis cerpen untuk kelas XI SMA Negeri 1 Lolomatua Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model Borg and Gall. Tahapan pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal, dan uji coba produk. Produk bahan ajar berbasis literasi media pada materi menulis teks cerpen yang dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lolomatua memenuhi syarat dan layak digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi yang meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 89,84% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 93,26% pada kriteria sangat baik, aspek kebahasaan dengan rata-rata 87,50% pada kriteria sangat dan validasi ahli desain dengan rata-rata 82,08% pada kriteria sangat baik.baik Modul dinyatakan layak setelah divalidasi oleh ahli materi dengan perolehan rata-rata sangat baik Penggunaan bahan ajar berbasis literasi media pada materi teks cerpen lebih efektif daripada buku teks yang digunakan siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang lebih baik yaitu penggunaan buku teks (pretes) 71,18% dengan kategori cukup dan penggunaan bahan ajar berbasis literasi media (postest) 81,6% dengan kategori sangat baik. Penelitian ini berimplikasi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yaitu Bahan ajar berbasis literasi media yang dikembangkan untuk memperkaya dan menambah pengetahuan siswa tentang teks cerpen dan literasi media siswa sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan memotivasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151948031004
Thesis advisorMarice, 196311201992032003
Call Number: 411.071 2 Buu p
Keywords: Bahan ajar, Menulis Cerpen, Literasi Media, pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history)
P Language and Literature > PR English literature > PR621 Drama
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Mar 2019 02:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33604

Actions (login required)

View Item View Item