ANALISIS BUKU AJAR BIOLOGI SMA KELAS X DI KOTA BINJAI BERDASARKAN RUANG LINGKUP LITERASI SAINS

Nasution, Mahpuzah (2018) ANALISIS BUKU AJAR BIOLOGI SMA KELAS X DI KOTA BINJAI BERDASARKAN RUANG LINGKUP LITERASI SAINS. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8136173011 COVER.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8136173011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8136173011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8136173011 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8136173011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8136173011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8136173011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8136173011 LIST OF ATTACMENT.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8136173011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8136173011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8136173011 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis buku ajar Biologi SMA kelas X di Kota Binjai berdasarkan ruang lingkup literasi sains, ditinjau dari aspek Konteks, Pengetahuan, Kompetensi Saintifik dan Sikap (Prilaku Ilmiah). Penelitian ini dilakukan di seluruh sekolah SMA Negeri di Kota Binjai pada bulan Februari hingga Desember 2017 dengan sampel yang diteliti yaitu tiga buku Biologi kelas X yang paling banyak digunakan di SMA se-Kota Binjai. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang memuat indikator-indikator terhadap lingkup literasi sains yang dikembangkan dari Draft PISA 2015, mencakup aspekaspek konteks, pengetahuan, kompetensi, dan sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku yang dianalisis sudah memiliki muatan literasi sains, dengan hasil tertinggi diperoleh pada aspek pengetahuan (Erlangga, 63.67%; Yrama Widya, 48.03 %; Grafindo, 48.77%) dari pada aspek konteks (Erlangga, 38.5%; Yrama Widya, 37.4 %; Grafindo, 32.83%) , kompetensi saintifik (Erlangga, 42.9%; Yrama Widya, 33.57 %; Grafindo, 37.4%) dan sikap (Erlangga, 45.6 %; Yrama Widya, 41.7 %; Grafindo, 38.6%). Untuk aspek pengetahuan pada ketiga buku yang dianalisis, paling mendominasi adalah pengetahuan konten dengan tingkat literasi sains tinggi. Aspek kompetensi saintifik didominasi oleh kategori menjelaskan fenomena ilmiah dengan tingkat literasi sains rendah, kemudian pada aspek sikap didominasi oleh kategori ketertarikan terhadap sains dengan tingkat literasi sains rendah dan untuk aspek konteks didominasi oleh kategori Batas Sains Teknologi (BST) dengan tingkat literasi sains yang sangat rendah. Direkomendasikan kepada guru untuk menggunakan buku Erlangga sebagai buku ajar karena memiliki tingkat literasi sains yang lebih baik

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSipahutar, Herbert196106261987101001
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196607281991032002
Call Number: 570 Nas a
Keywords: buku ajar biologi, literasi sains, PISA, Binjai
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33398

Actions (login required)

View Item View Item