PENGARUH MODEL PROBLEM BASE LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS DI KELAS XI MA AISYIYAH KOTA BINJAI TAHUN AJARAN 2016/2017

AULIA, IRVAL (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASE LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS DI KELAS XI MA AISYIYAH KOTA BINJAI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 4133321057 COVER.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 4133321057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 4133321057 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 4133321057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 4133321057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 4133321057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 4133321057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 4133321057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 4133321057 BAB I.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133321057 BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133321057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem base learningterhadap hasil belajar siswa pada materi teori kinetik gasdikelas XI MA Aisyiyah Kota Binjai T.A 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian control group pretest-posttest. Sampel kelas diambil dengan metode cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA 2 berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 1 berjumlah 33 orang sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah soal 7 buah yang telah dinyatakan valid oleh para ahli. Sebelum dilakukannya pembelajaran terlebih dahulu dilakukan pretes kepada kedua kelas. Kemudian dilakukan Uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji-t 2 pihak terhadap hasil pretes kedua kelas untuk mengetahui kesamaan kemampuan awal siswa. . Uji Normalitas kelas kontrol diperoleh Lhitung< Ltabel (0,1538< 0,1543) dan kelas eksperimen diperoleh Lhitung< Ltabel (0,1245< 0,1543) sehingga dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Uji Homogenitas diperoleh Ftabel =1,805 dengan kriteria pengujian homogenitas Fhitung < Ftabel yakni 0,9932< 1,805 maka dapat dinyatakan bahwa kedua sampel memiliki varians yang sama. Uji t- 2 pihak thitung< ttabel (-08306<1,9988), maka kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Setelah hasil uji dinyatakan normal dan homogen, kemudian dilaksanakan pembelajaranmenggunakan model problem base learning di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Aktivitas siswa diambil sesuai dengan rubrik menggunakan lembar observasi dan dilakukan oleh 2 orang observer. Setelah pembelajaran selesai selanjutnya dilakukan postes. Untuk hasil postes dilakukan kembali uji Normalitas, uji Homogeneitas, dan uji-t 1 pihak Perhitungan Aktivitas siswa pada pertemuan I adalah 65% tergolong kategori cukup aktif, pertemuan II 70% pada kategori cukup aktif dan pada pertemuan III terjadi peningkatan menjadi 75% kategori aktif. Rata-rata observasi aktivitas yaitu 70% pada kategori cukup aktif. Uji hipotesis menggunakan uji-t satu pihak, hasil perhitungan statistik diperoleh nilai thitung sebesar3,2025dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 64 adalah 1,6694 sehingga thitung> ttabel(3,2025> 1,6694). Adanya perbedaan tersebut, berarti ada pengaruh model problem base learning terhadap hasil belajar siswa pada materi teori kinetik gas di kelas XI MA Aisyiyah Kota Binjai T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTAMPUBOLON, TOGI196105011987031003
Call Number: SK-2018 FIS 070
Keywords: Model Problem Base Learning, Teori Kinetik Gas, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 14:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33319

Actions (login required)

View Item View Item