PENGARUH KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN EKLEKTIK TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN KELAS SISWA SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

KHAIRUNISA (2018) PENGARUH KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN EKLEKTIK TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN KELAS SISWA SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 1141151021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 1141151021 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 1141151021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 1141151021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1141151021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1141151021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1141151021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1141151021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1141151021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1141151021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 1141151021 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 1141151021 TABLE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 1141151021 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 1141151021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 1141151021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 1141151021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 1141151021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 1141151021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 1141151021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1141151021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 1141151021 BIBLIPGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 1141151021 BIBLIPGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan eklektik terhadap kecemasan berbicara di depan kelas siswa SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret s/d Mei 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan quasi experimental rancangannya jenis Pre test-post test group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yang memiliki kecemasan berbicara di depan kelas sejumlah 10 orang. Subjek diambil dengan menggunakan metode scrining dengan teknik purposive. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket kecemasan berbicara di depan kelas berjumlah 31 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 0 dengan  = 0,05, adapun J tabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung < JTabel dimana 0 < 8. Artinya hipotesis diterima Data pre-test diperoleh rata-rata 79,7, sedangkan data post-test setelah diberikan layanan konseling kelompok pendekatan eklektik diperoleh rata-rata sebesar 47,9, selisih antara pretest dan posttest sebesar 31,8 dan perubahan interval kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa setelah diberi layanan konseling kelompok pendekatan eklektik sebesar 39,89%. Artinya skor rata-rata siswa yang memiliki kecemasan di depan kelas setelah mendapat layanan konseling kelompok pendekatan eklektik lebih rendah dari pada sebelum mendapat layanan konseling kelompok pendekatan eklektik.. Hal ini menunjukkan ada pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan eklektik terhadap siswa yang memiliki kecemasan berbicara di depan kelas Tahun Ajaran 2017/2018 atau hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BK 033
Keywords: Konseling kelompok; Penndekatan Eklekti; Kecemasan berbicara di depan kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 13:58
Last Modified: 22 Mar 2019 07:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33317

Actions (login required)

View Item
View Item