PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

MEHA, EVI BORKAH (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 2131111017 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 2131111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 2131111017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 2131111017 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 2131111017 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 2131111017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 2131111017 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 2131111017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 2131111017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2131111017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 2131111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Reflektif terhadap kemampuan memproduksi teks cerpen oleh siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini berjumlah 333 siswa. Dari 333 siswa, ditetapkan 36 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes hasil belajar memproduksi teks cerpen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa memproduksi teks cerpen sebelum menggunakan model pembelajaran Reflektif masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 62,5 sedangkan setelah diadakan penerapan model termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,05. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 8,93 > 2,03 pada taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu model pembelajaran Relektif berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan memproduksi teks cerpen oleh siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorUmar, Azhar196006111985031002
Thesis advisorDaulay, Syahnan195808311986011002
Call Number: SK-2018 IND 066
Keywords: REFLEKTIF, MEMPRODUKSI, TEKS CERPEN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 11:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33283

Actions (login required)

View Item View Item