PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM ADOBE FLASH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Siregar, Hariani (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM ADOBE FLASH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166141006 COVER.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166141006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166141006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166141006 TABLES.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166141006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166141006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166141006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166141006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kelayakan media pembelajaran kimia materi hidrolisis garam yang telah digunakan di SMA sesuai BSNP; memperoleh media pembelajaran kimia interaktif yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yang dikembangkan telah sesuai dengan BSNP dan interaktif; mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa terhadap media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan Analysis–Design–Development–Implementation–Evaluation. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA T.A 2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah dua kelas yaitu siswa kelas XI IPA 2 dan siswa kelas XI IPA 3 masing – masing terdiri dari 25 siswa. Instrumen penelitian berupa angket modifikasi dari BSNP, angket penilaian pengembangan media pembelajaran interaktif, tes objektif hasil belajar yang valid dan reliable, lembar motivasi. Teknik analisis yang digunakan teknik Two Way Anova dengan uji General Linear Model pada program SPSS 17.00. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: media pembelajaran dengan menggunakan Powerpoint yang digunakan di SMA pada materi hidrolisis garam dengan nilai rata – rata 2,99 memiliki kategori cukup layak untuk digunakan berdasarkan BSNP, namun ada beberapa komponen dari media tersebut yang perlu dikembangkan; media pembelajaran yang telah dikembangkan dengan menggunakan program Adobe Flash pada pokok bahasan hidrolisis garam dengan nilai rata – rata 3,76 berdasarkan BSNP, hal ini diperkuat dengan penilaian pengembangan media interaktif sesuai dengan Standar Isi yang ditetapkan oleh tim ahli dengan nilai rata – rata 4,68 sehingga sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran kimia; terdapat perbedaan hasil belajar melalui multimedia pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning dan media pembelajaran powerpoint berbasis Direct Instruction (p = 0,000); terdapat perbedaan hasil belajar melalui multimedia pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning dan media pembelajaran powerpoint berbasis Direct Instruction pada tingkat motivasi tinggi dan rendah (p = 0,000); terdapat interaksi yang signifikan antara penggunaan kedua media pembelajaran dengan tingkat motivasi terhadap peningkatan hasil belajar (p = 0,008).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Call Number: 547 Har p
Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash, Problem Based Learning (PBL), Motivasi Siswa, Hasil Belajar Siswa, Hidrolisis Garam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2019 06:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33180

Actions (login required)

View Item View Item