PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS RISET DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN SIKAP ILMIAH MATERI MIKROBIOLOGI PADA MAHASISWA BIOLOGI

Rahmayanti, Saudah (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS RISET DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN SIKAP ILMIAH MATERI MIKROBIOLOGI PADA MAHASISWA BIOLOGI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166174018 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166174018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166174018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166174018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166174018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166174018 TABLES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166174018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166174018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166174018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166174018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166174018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis riset dengan penilaian portofolio terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah mahasiswa pada materi mikrobiologi. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan desain pretest – postest design. Penelitian dilaksanakan pada 3 kelas yaitu Kelas A (pembelajaran berbasis riset dengan portofolio), Kelas B (pembelajaran berbasis riset tanpa portofolio), dan Kelas C (pembelajaran langsung). Jumlah mahasiswa pada tiap kelas berturut – turut 40, 35, dan 32 orang untuk kelas A, B, dan C. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi diperoleh dengan tes (C4 – C6) materi Mikrobiologi. Keterampilan proses sains diperoleh dengan menggunakan tes, sedangkan sikap ilmiah dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh ditabulasi dan dianalisis dengan Manova (Multivariate analysis of variance) dan dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi α = 0.05 dengan menggunakan SPSS 23.0. hasil penelitian menunjukkan, bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi signifikan lebih tinggi pada kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis riset menyertakan portofolio (α = 0.05). Nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk kelas A, B, dan C berturut – turut adalah 88.15 ± 2.89; 84.46 ± 2.25 dan 81.17 ± 2.48. Keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa pada materi Mikrobiologi pada kelas A yaitu 87.00 ± 3.01 signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan KPS pada kelas B (84.71 ± 2.29) dan kelas C (82.38 ± 2.55). pembelajaran berbasis riset dengan penilaian portofolio berpengaruh secara signifikan terhadap sikap ilmiah mahasiswa pada materi Mikrobiologi. Nilai sikap ilmiah pada kelas A, B, dan C berturut – turut adalah 86.85 ± 3.302; 84.91 ± 2.25 dan 81.97 ± 2.21. Sebagai kesimpulan yaitu pembelajaran berbasis riset dengan penilaian portofolio signifikan berpengaruh meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah mahasiswa jurusan Biologi dalam pembelajaran Mikrobiologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Thesis advisorGultom, Tumiur196807162005012001
Call Number: 572.5 Rah p
Keywords: Pembelajaran Berbasis Riset, Portofolio, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2019 05:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33177

Actions (login required)

View Item View Item